Julukan Negara di Dunia #Part 3

Sebutan lain untuk Negara di Dunia

Hai semua... ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya ya... Selamat membaca :)

Julukan negara di dunia beserta alasannya

1. Irak – Negeri 1001 Malam

1001 malam, jika mendengar kata ini pasti pikiran kita akan mengarah ke negara timur tengah. 1001 malam sangat identik dengan kawasan timur tengah. Dahulu wilayah Irak termasuk ke dalam kawasan Persia. Sebenarnya julukan Negeri 1001 Malam ini diambil dari kisah yang pernah terjadi di Persia pada zaman dahulu. Disebutkan ada seorag sultan di daratan Persia yang bernama Raja Syahriar. Raja tersebut marah besar tatkala menangkap basah istrinya sedang berselingkuh. Istri Raja tersebut bernama Syahrazad. Raja memberikan hukuman pancung kepada Syahrazad dan juga pria yang menjadi selingkuhannya tersebut. Namun sebelum hukuman pancung dilaksanakan, setiap malam Syahrazad menghadiahkan cerita kepada Raja. Cerita yang disampaikan Syahrazad tersebut selalu berakhir dengan menggantung (suspense). Cerita yang disampaikan Syahrazad selalu berbentuk cerita di dalam cerita, sehingga ketika satu cerita selesai maka bingkai ceritanya tak pernah selesai. Cerita- cerita yang  dikisahkan oleh Syahrazad ini adalah dongeng yang kita kenal sepertiA laddin dan Lampu Wasiat, Sinbad Sang Pelaut, Ali Baba, Harun Ar- Rasyid dan Abunawas dan lain sebagainya. Akhirnya selama 1001 malam Syahrazad terbebas dari hukuman pancung dan dunia pun mendapat 1001 cerita dan Raja Syahriar menarik hukuman tersebut. Dan Syahrazad tetap dicintai sebagai permaisuri oleh Raja dan juga masyarakatnya.

2. Italia – Negara Spaghetti

Hemm..siapa yang tidak mengenal spaghetti? Makanan yang satu ini memang menjadi primadona di meja makan. Masyarakat di berbagai belahan dunia sudah mengenal makanan ini, bahkan menjadi makanan yang paling diburu. Tanpa mengetahui darimana asal makanan ini, kita sudah menganggapnya sebagai makanan barat yang lezat dan berkelas. Italia dikenal sebagai Negara Spaghetti karena spaghetti merupakan makanan khas dari negara ini. spaghetti merupakan mi negara Italia yang berbentuk seperti lidi. Mi spaghetti ini pada umumnya dimasak selama 9 hingga 12 menit di dalam air mendidih al dente yang berarti tidak lengket di gigi , dan tidak terlalu mentah maupun terlalu matang. Cara memakan mi spaghetti bervariasi dan yang sangat terkenal adalah spagehetti ala bolognesse, yakni mi spaghetti yang disajikan dengan saus dagung cincang lalu ditaburi keju Permesan parut.

3. Jepang – Negeri Matahari Terbit

Jepang merupakan negara yang sangat terkenal di dunia. Bagaimana tidak, negara ini termasuk negara kecil namun memiliki kemajuan di bidang teknologi yang sangat luar biasa. Negara Jepang memiliki nama julukan yang khas, yakni Negeri Matahari Terbit. Bagaimana julukan itu bisa diperoleh Jepang? Apakah karena kesuksesannya yang membawa dunia ke era modern? Ternyata tidak. Jepang sering disebut sebagai Nippon dan juga Nihon dalam bahasa Jepang. Sebutan Nippon sering digunakan dalam urusan resmi, seperti sebutan nama negara dalam mata uang, perangko dan dalam pertandingan olahraga tingkat internasional. Sementara kata Nihon lebih banyak digunakan dalam kehidupan sehari- hari. Kata Nippon dan Nihon keduanya sama- sama memiliki arti Negara Matahari Terbit. Nama ini berasal dari utusan resmi negara China, dan merujuk pada kedaulatan relatif negara inidi pesisir lautan Pasifik di sebelah timur Benua Asia. Selain itu, menurut legenda, Jepang oleh Dewa Matahari. Kaisar Jepang adalah putra Dewa Matahari. Dan karena itu bendera Jepang juga berasal dari bendera itu, maka Jepang dinamakan sebagai negara matahari terbut.

4. Jepang – Negeri Sakura

Selain dikenal sebagai Negara Matahari Terbit, Jepang juga mempunyai julukan lain yaitu Negeri Sakura. Nama negeri Sakura sendiri diberikan karena di Jepang mempunyai bunga yang sangat khas, yakni Bunga Sakura. Maka dari itulah Jepang dinamakan sebagai negeri Sakura.

5. Korea Selatan – Negeri Ginseng

Korea Selatan sangat terkenal dengan masyarakatnya yang mempunyai kulit halus dan juga cantik dan tampan, tak heran jika negara ini sukses mencuri perhatian melalui bidang entertainmentnya. Korea Selatan disebut juga dengan Negeri Ginseng. Julukan ini diberikan kepada Korea Selatan karena banyaknya tanaman ginseng yang dibudidayakan disana. Apabila kita berkunjung ke pasar di Korea Selatan maka kita akan menemukan banyak sekali jenis ginseng sayur. Ginseng biasanya diolah menjadi sayuran untuk makanan sehari- hari, bahkan ada pula yang langsung mengunyahnya saat mentah. Ginseng mempunyai banyak sekali manfaat seperti meningkatkan stamina tubuh, mencegah iritasi, dan lain sebagainya.

6. Malaysia – Negeri Jiran

Kita pasti sering sekali mendengar negara satu ini dan julukannya. Ya, karena negeri ini sangat dekat dengan kita. Malaysia juga disebut Negeri Jiran. Jiran sendiri mempunyai arti satu atau dekat dengan 
rumah (tetangga). Julukan ini diberikan kepada Malaysia karena letaknya yang sangat dekat dengan Indonesia dan merupkana negara tetangga Indonesia.

Sudah dulu ya artikel kali ini.. lanjut lagi pada part selanjutnya. Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Manusia Purba di Indonesia (Jenis & Ciri-ciri)

Present Continuous Tense

Recount