Arti Kiasan TKU Penggalang

TKU Penggalang

 Hai.. teman-teman semuaaa... pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan arti kiasan pada tku penggalang. Ada yang sudah tau belum...? Kalau belum, mari simak artikel ini.. selamat membaca..

   Arti Kiasan TKU Pramuka Penggalang
TKU bukan sekedar aksesoris yang dipasang di lengan baju namun memiliki arti tersendiri. Sebagaimana diketahui, TKU mempunyai tiga tingkatan sesuai dengan tingkatan SKU. Tingkatan itu yaitu:


  • Satu Manggar untuk pramuka penggalang yang telah menyelesaikan SKU Ramu
  • Manggar bersusun dua untuk pramuka penggalang yang telah menyelesaikan SKU Rakit
  • Manggar bersusun tiga untuk pramuka penggalang yang telah menyelesaikan SKU Terap
  • Mayang terurai bertangkai tiga menggambarkan bunga yang sedang berkembang, indah dan menarik; mengibaratkan Pramuka Penggalang yang riang, lincah dan bersikap menarik sebagai calon penerus bangsa yang sedang berkembang mengladi dirinya dengan jiwa Pramuka berdasarkan Trisatya.
  • Mayang terurai mekar ke samping; mengibaratkan semakin terbukanya pan-dangan Penggalang dalam menerima pengaruh yang baik dari lingkungan di sekitarnya.
  • Warna merah; melambangkan kemeriahan hidup sesuatu yang sedang berkembang.



a. Kiasan Penggalang Ramu  :
Penggalang ramu artinya mulai meramu, mengumpulkan,atau mempelajari ilmu-ilmu kepramukaan guna mempersiapkan diri di tingkatan selanjutnya

b. Kiasan Penggalang Rakit  :
Penggalang rakit artinya mulai merakit atau menyusun hal-hal yang sudah dikumpulkannya pada tingkatan sebelumnya untuk memantapkan diri di tingkatan selanjutnya

c. Kiasan Penggalang Terap :
Penggalang terap merupakan tingkatan tertinggi yang dicapai dalam penggalang, diharapkan yang sudah mencapai tingkatan ini dapat menerapkan atau mengamalkan ilmunya yang selama ini telah dikumpul dan disusun di kehidupan masyarakat. Sehingga ia menjadi Pramuka yang benar-benar Pramuka. Pramuka yang berguna bagi lingkungannya.

Begitulah arti kiasan dari tku penggalang. Jadi, sudah tau semua ya apa arti kiasan tku penggalang... semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua... :)

Comments

Popular posts from this blog

Manusia Purba di Indonesia (Jenis & Ciri-ciri)

Present Continuous Tense

Recount