Julukan Negara di Dunia #Part 1

Sebutan lain untuk Negara di Dunia

Halo semua... sudah pada tau belum, apa saja julukan untuk negara di dunia..? Kalau belum, mari simak artikel ini. Selamat membaca...

Julukan negara di dunia beserta alasannya

1. Amerika Serikat – Negara Paman Sam

Mengenai negara dan julukannya ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. ya, Amerika Serikat adalah negara Paman Sam. Sebenarnya apa sih arti dibalik nama Paman Sam ini? Julukan Paman Sam sebenarnya diterima Amerika Serikat pada tanggal 7 September 1813. Nama julukan satu ini berhubungan dengan seorang penyuplai daging di Amerika Serikat, tepatnya di New York yakni Samuel Wilson. Samuel Wilson menyuplai bertong- tong daging daging bagi tentara  Amerika Serikat yang kala itu berperang pada tahun 1812. Samuel Wilson mengecap tong- tong itu dengan huruf US yang berarti United States. Namun para tentara yang berperang tersebut mengira bahwa US adalah singkatan dari Uncle Sam atau Paman Sam. Kemudian setelah kejadian ini Koran lokal mengangkat cerita ini dan “Paman Sam” mulai diterima sebagai panggilan dari negara Amerika Serikat ini.

2. Saudi Arabia – Negara Minyak

Satu lagi julukan yang amat tersohor dari negara di Timur Tengah, yakni Saudi Arabia. Saudi Arabia mendapatkan julukan sebagai “Negara Minyak” karena kekayaan negaranya yang berupa minyak sangat luar biasa. Saudi Arabia mampu menopang kehidupan negaranya dengan menjadikan minyak sebagai sektor utamanya. Kekayaan minyaknya yang sangat besar ini mampu membentuk permainan dan kekuatan peran dari keluarga kerajaan Saudi Arabia baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan penghasilan minyak yang sangat besar itulah Saudi Arabia dijuluki sebagai “Negara Minyak”. Saudi Arabia memang mengandalkan perekonomiannya di sektor Minyak Bumi dan juga Petrokimia, terutama setelah ditemukan sumber- sumber minyak pada tanggal 3 Maret 1938.

3. Australia – Negeri Kanguru

Yang tidak kalah terkenal di dunia adalah julukan dari negara tetangga sebelah selatan Indonesia, yakni Australia. Australia mempunyai nama khas yang sangat terkenal, yakni “Negara Kanguru”. Kanguru atau Kangguru ini merupakan nama dari salah satu satwa khas di negara tersebut. Nama Kanguru atau Kangguru diambil dari bahasa suku asli Australia yakni Aborogin yakni Gangguru. Kanguru merupakan hewan yang mempunyai empat kaki, kua kaki panjang di belakang dan dua kaki pendek di depan yang mana kaki ini digunakan untuk meloncat. Kanguru mempunyai bagian tubuh yang sangat unik, yakni berupa kantong yang digunakan untuk melindungi anak- anak Kanguru. Selain ditemukan di Australia, binatang unik ini juga ditemukan di Papua Nugini atau New Guinea dan juga di Papua, Indonesia. Meski demikian, jumlah yang ada di luar Australia hanyalah sedikit, dan kebanyakan ditemukan di Australia. Hal inilah yang menyebabkan Australia dijuluki sebagai negerai Kanguru.

4. Argentina – Negeri Tango

Julukan Negeri Tango didapatkan Argentina berkat tarian tradisionalnya, yakni Tango. Tari tradisonal Tango ini memang seringkali kita temukan di Argnetina, terutama di kota Buenos Aires. Tarian ini termasuk kategori tarian yang hot dan tarian ini terkenal di seluruh dunia. Argentina termasuk negara yang banyak dipengaruhi oleh benua Eropa, baik kesenian, penulisan dan juga gaya hidup masyarakatnya. Namun meski demikan, Argentina memiliki identitasnya sendiri, Argentina bisa mempertahankan identitas yang dimilikinya. Hal ini tercermin pada tulisan karyawan Argentina yang terkenal seperti Jorge Luis Borges dan Manuel Puig dan juga pemain sepak bolanya yang sangat artistik seperti Diego Maradona dan Messi.

5. Belanda – Negara Kincir Angin

Negara Kincir Angin, merupakan nama sebuah negara yang tentu tidak asing lagi ditelinga kita. Belanda, ya itulah negara Kincir Angin. Masyarakat Indonesia sering menyebutkan ini karena pentingnya negara ini. Sebenarnya nama Negara Kincir Angin ini diperoleh dari banyaknya jumlah kincir angin yang ada di Belanda. Di Belanda, kincir angin merupakan alat yang sangat penting dan perannya sangat banyak bagi negara itu. Awalnya, 70% wilayah Belanda adalah lautan. Untuk memperlebar wilayah negaranya, pantai di sekeliling wilayah tepi Belanda dikeruk dan kemudian dibuat bendungan. Dalam proyek pembuatan bendungan itu, kincir angin memegang peranan yang sangat besar yakni sebagai alat untuk mengalihkan dan juga membendung air. Selain itu kincir angin juga digunakan untuk menangkap dan mengalihkan banyak angin. Semakin lama, kincir angin sudah tersentuh oleh teknologi modern sehingga lebih banyak lagi fungsi yang bisa dihasilkan. Hingga sekarang ini kincir angin digunakan untuk membantu bidang pertanian dan juga bidang industri.

6. China – Negeri Tirai Bambu

Siapa yang tak kenal dengan Negara Tirai Bambu? Julukan negara ini sudah sangat terkenal, terebih di wilayah Asia. Negara Tirai Bambu adalah negeri China. Nama Bambu ini didapat karena tanaman Bambu Cina sangat terkenal. Bambu Cina atau Bambusa Multiplex terkenal akan kualitasnya yang diakui terbaik di seluruh dunia. Bambu Cina sangat kuat dan sulit untuk dipatahkan. Negara ini disebut sebagai tirai karena Cina menganut paham sosialis sehingga sangat tertutup dengan dunia luar dan negara- negara di sekitarnya. Maka dari itulah negara Cina dikenal sebagai negara Tirai  Bambu.

Nah, begitulah julukan negara di dunia. Untuk lebih lengkap lagi, kunjungi blog saya pada part selanjutnya. Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Manusia Purba di Indonesia (Jenis & Ciri-ciri)

Present Continuous Tense

Recount