Julukan Negara di Dunia #Part 2

Sebutan lain untuk Negara di Dunia

Hai semua... artikel ini merupakan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu Julukan Negara di Dunia #Part2. Selamat membaca:)

Julukan negara di dunia beserta alasannya


1. Filiphina – Negara Lumbung Padi

Julukan Negara Lumbung Padi didapatkan Filiphina karena negara ini sangat terkenal dengan pertanian padi bukitnya. Pertanian padi Filiphina sudah dikenal kira- kira sejak 2000 tahun yang lalu oleh Suku Batad. Padi- padi Bukit di Filiphina ini terletak pada lereng- lereng Gunung Ifuago yang mempunyai ketinggian 5.000 kaki di atas permukaan air laut. Luas ladang padi ini mencapai 4000 mil persegi serta diusahakan secara tradisional tanpa menggunakan pupuk. Pertanian padi bukit ini diakui sebagai warisan dunia oleh UNESCO pada tahun 1995. Dari sinilah nama Negara Lumbung Padi dimiliki oleh Filiphina.

2. Brazil – Negeri Samba

Sama halnya dengan Argentina yang mempunyai tarian Tangonya, Brazil mempunyai tarian Samba nya. Tarian Samba merupakan tarian khas Brazil. Kebudayaan negara Brazil merupakan warisan kebudayaan dari negara penjajahnya, yakni Portugal. Hal ini tercermin pada kebudayaannya yang kebanyakan berbentuk seperti negara Latin. Namun ada pula yang menyatu dengan kebudayaan Brazil, seperti Tarian Samba ini. Tarian Samba merupakan tarian yang sangat unik dan sangat terkenal di berbagai penjuru dunia. Yang lebih unik lagi, Tari Samba ini banyak diaplikasikan pada berbagai kegiatan, salah satunya adalah sepak bola. Tak heran apabila banyak pemain sepak bola Brazil mempunyai gerakan yang apik seperti tarian Samba. Sehingga banyak yang mengatakan bahwa tim sepak bola Brazil disebut sebagai Tim Samba.

3. Indonesia – Zamrud Khatulistiwa

Julukan yang sangat istimewa disandang oleh tanah air tercinta Indonesia. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar yang dilalui oleh garis khatulistiwa. Secara astronomis negara Indonesia berada di 6° LU – 11° LS dan 95° BT – 141° BT. Di wilayah Indonesia, ada sebuah kota yang tepet dilalui oleh garis khatulistiwa, yakni Kota Pontianak yang berada di wilayah Kalimantan Barat. Disebut sebagai zamrud karena Indonesia sangat indah dan zamrud merupakan benda yang sangat pas untuk mencerminkan keindahan Indonesia. Zamrud Khatulistiwa mempunyai makna keindahan batu zamrud yang dilintasi garis khatulistiwa.

4. India – Anak Benua

India merupakan negara yang berada di benua Asia. India mempunyai julukan unik yakni Negara Anak Benua. Mengapa bisa disebut demikian? Tentu saja hal ini ada alasannya. Secara geologis, sebagian besar negara yang terletak di wilayah Asia bagian Selatan, termasuk India mempunyai lempeng tektonik sendiri, yakni lempeng India yang terpisah dari bagian Eurasia yang dulunya merupakan benua kecil sebelum bertumbukan dengan Lempeng Eurasia. Bahkan hingga kini lempeng India masih terus bergerak ke arah utara sehingga mengakibatkan pegunungan Himalaya semakin tinggi beberapa sentimeter setiap sepuluh tahun. Dengan demikian India disebut sebagai Negara Anak Benua.

5. Bulgaria – Negeri Kuntum Mawar

Bulgarian merupakan negara peghasil Minyak Mawar yang terbaik dan termahal di dunia. Minyak mawar yang dihasilkan negara Bulgarian merupakan minyak yang bayak digunakan sebagai campuran parfum original yang terbaik di dunia. Maka dari itulah Bulgaria dijuluki sebagai Negeri Kuntum Mawar, meski belum banyak orang yang mengetahuinya.

6. Inggris – The Black Country

The Black Country mempunyai arti Negara yang hitam. Hal ini didapat oleh United Kingdom atau Inggris karena Inggris sangat terkenal dengan industrinya yang maju. Dari dulu Inggris dikenal sebagai negara yang sangat maju dalam bidang industrinya, bahkan menjadi kiblat industri bagi negara- negara yang disekitarnya. Pusat industri negara Inggris terletak di dua kota yakni Birmingham dan juga Sheffield. Udara di dua kota tersebut selalu berwarna hitam akibat tertutup oleh asap- asap industri yang sangat banyak, sehingga selalu disebut dengan The Black Country.

Sekian dulu ya artikel kali ini... lanjut lagi pada part berikutnya. Semoga bermanfaat :)

Comments

Popular posts from this blog

Manusia Purba di Indonesia (Jenis & Ciri-ciri)

Present Continuous Tense

Recount