Message a Notice

A.  Pengertian Short Message
     Short message dalam bahasa Indonesia bermakna “pesan singkat”, yang merupakan teks pendek yang dikirim untuk memberitahu seseorang tentang hal atau berita yang penting, juga untuk menyuruh melakukan sesuatu (to inform someone about something or ask someone to do something).

B. Tujuan dan Isi Short Message
     Tujuan dari short message sendiri adalah untuk memberikan pesan kepada teman, keluarga, atau rekan kerja yang tidak bisa dijumpai secara langsung.
     Biasanya, pesan ditulis di secarik kertas atau sekarang ini lebih populer melalui fitur SMS atau perpesanan singkat digital lainnya.
     Isi dari short message sendiri bisa berupa pemberitahuan, pengingat, memo atau instruksi/perintah khusus seperti daftar belanja atau daftar tugas.

C. Bagian-bagian Short Message
     Adapun bagian dari short message antara lain sender (pengirim), receiver (penerima), dan subject (isi pesan).
     Sesuai dengan namanya—short message—maka pesan yang dibuat juga harus pendek atau singkat, atau tidak lebih dari satu paragraf.
     Bahasa yang digunakan dalam menulis short message adalah bebas dan tidak formal; oleh karena itu short message pada umumnya bukan ditujukan kepada atasan atau guru, namun lebih ke orang dekat atau bawahan.

D. Generic Structure of Short Message
     Generic structure atau struktur dalam penyusunan sebuah pesan singkat antara lain:
•> Opening Segment atau pembuka, biasanya berupa sapaan pendek seperti “Hi”, “Dear”, “Hello”, dan dilanjutkan dengan nama penerima pesan;
•> Purpose atau tujuan penulisan pesan, berisikan apa yang ingin kita sampaikan kepada penerima pesan;
•> Closing Segment atau penutup; sama seperti bagian pembuka, bagian ini cukup dibuat singkat saja seperti ucapan terima kasih (Thanks, Thank you) atau penutup seperti “Love”, “Yours” diikuti dengan signature atau tanda tangan, lalu nama pengirim pesan. Terkadang bagian ini juga tidak disertakan dalam penulisan pesan singkat.

E. Good Short Message Requirements
     Adapun syarat dalam membuat short message yang baik yaitu:
•> Clear addressee, atau kejelasan penerima; khususnya jika pesan ditinggalkan di tempat umum. Jika kita lalai dalam urusan penulisan addressee atau receiver, kemungkinan pesan penting yang kita sampaikan tidak terbaca atau terlewatkan.
•> Straight forward, atau isi pesan yang singkat, padat dan jelas. Tidak ada basa-basi dalam short message, namun langsung merujuk ke tujuan (purpose) hal penting yang hendak disampaikan. Pembukaan dan penutup dalam short message biasanya singkat saja.
•> Clear instruction, atau instruksi yang jelas apabila pesan mengandung perintah khusus. Untuk itu, pesan dibuat dengan bahasa yang eksplisit dan tidak bertele-tele. Jika tidak, penerima pesan akan bisa salah memahami pesan yang kita sampaikan.

F. Contoh Short Message
     Berikut ini adalah contoh-contoh dari Short Message yang bisa dipelajari:

   ~Contoh 1~
Hi Mom, (receiver)
Today I will come home late because I’m having some additional lesson for my TOEFL preparation. (subject)
– Rendy (sender)

(Hai Bu,
Hari ini aku akan pulang terlambat sebab aku ada pelajaran tambahan untuk persiapan TOEFL.
– Rendy)

Catatan: “Hi Mom” merupakan opening segment dalam short message tersebut, dengan “Mom” sebagai penerima pesan.
Subject atau isi pesannya adalah “Today I will come home late because I’m having some additional lesson for my TOEFL preparation.”, dan “Rendy” merupakan pengirim atau penulis pesan.

   ~Contoh 2~
Dear Brian,
I’m sorry I have to leave for Bandung earlier. I don’t want to wake you up, so I get the cab. I will call you when I get home.
Love,
Anna

(Hai Brian,
Maaf aku harus berangkat ke Bandung lebih awal, dan aku tidak ingin membangunkanmu. Aku tidak ingin membangunkanmu, jadi aku naik taksi. Akan kuhubungi kamu ketika aku sudah sampai rumah.
Salam,
Anna)

   ~Contoh 3~
To: Jenny
I’m sorry I can’t make it to Elisa’s wedding party. I have a lot of work to do. Please tell her my best regards and wishes. Thank you
From: Dara

(Kepada: Jenny
Maaf aku tidak bisa datang ke pesta pernikahan Elisa. Aku sedang banyak kerjaan. Tolong sampaikan padanya salam dan doa-doa baikku. Terima kasih.
Dari: Dara)

   ~Contoh 5~
Dear Marie,
Could you please help me shop after school? I need to attend a meeting with a client.
Here’s what you need to buy:
– Spaghetti 2 packs
– Tomato sauce 1 bottle
– Olive oil 1 bottle (350 ml)
– Milk 1 carton
– Cheese 2 blocks
Use the money in my wallet, in the dresser. Thank you.
Mom

(Hai Marie,
Bisakah kamu membantuku belanja sepulang sekolah? Aku harus mendatangi rapat dengan klien.
Ini yang perlu kamu beli:
– Spageti 2 pak
– Saus tomat 1 botol
– Minyak zaitun 1 botol
– Susu 1 kotak
– Keju 2 kotak
Pakai uang di dompetku, di dalam laci. Terima kasih.
Ibu)

Dalam bahasa Inggris terdapat banyak jenis teks, mulai dari teks yang panjang sampai dengan teks yang pendek yang memiliki beraneka ragam fungsi atau yang disebut juga dengan short functional text. Short functional text ini memiliki banyak jenis, salah satunya adalah Notice. Berikut adalah penjelasan lengkap tentang Notice beserta jenis dan contohnya dalam bahasa Inggris.

A. Pengertian Short Functional Text
  Functional Text adalah teks yang menyajikan informasi yang penting bagi seseorang. Sedangkan short functional text adalah sebuah teks pendek yang mengandung informasi spesifik dan penting. Contoh dari short functional text adalah pemberitahuan (notice), pengumuman (announcement), iklan (advertisement), pesan singkat (short message), label, brosur (brochure), tanda (sign), dan sebagainya. Fungsi dari short functional text adalah untuk memberitahukan sebuah informasi kepada seseorang atau masyarakat.

B. Pengertian Notice
  Notice (pemberitahuan) adalah sebuah teks pendek yang dapat berupa tanda dan berada di tempat – tempat umum untuk memberikan suatu informasi atau suatu perintah. Notice ini sendiri dapat bermakna berbeda bagi setiap orang, seperti bermakna larangan, perintah, atau peringatan. Notice haruslah ditulis dengan kata – kata yang sederhana sehingga mudah untuk dibaca dan dipahami oleh siapa saja yang berada di sebuah tempat umum.

C. Jenis – Jenis Notice
  Notice memiliki beberapa jenis yaitu sebagai berikut.
1) Notice Command (Pemberitahuan yang berisi Perintah)
Notice Command adalah sebuah pemberitahuan yang memberikan instruksi/ perintah bagi yang membacanya untuk melakukan apa yang tertulis dalam pemberitahuan (notice) tersebut.
2) Notice Caution (Pemberitahuan yang berisi Peringatan)
Notice Caution adalah sebuah pemberitahuan yang digunakan untuk memperingatkan seseorang atau siapa saja yang melihat pemberitahuan (notice) tersebut untuk berhati – hati atau waspada akan sesuatu.
3) Notice Prohibition (Pemberitahuan yang berisi Larangan)
Notice Prohibition adalah sebuah pemberitahuan yang digunakan untuk memberikan informasi kepada siapa saja yang membaca pemberitahuan (notice) ini bahwa mereka dilarang untuk melakukan apa yang tertulis di pemberitahuan tersebut.

D. Beberapa Contoh Notice dalam Bahasa Inggris
  Berikut adalah beberapa contoh notice dalam bahasa Inggris beserta penjelasannya.
1) Notice Command (Pemberitahuan yang berisi Perintah)
NOTICE
KEEP THE DOOR CLOSED!
Arti:
PEMBERITAHUAN
HARAP TUTUP PINTU!
Penjelasan:
Pemberitahuan (notice) di atas memberikan perintah kepada siapa saja yang membacanya untuk tetap menutup pintu baik ketika seseorang masuk atau keluar dari sebuah ruangan. Pemberitahuan (notice) tersebut mudah untuk dibaca dan dimengerti. Pemberitahuan (notice) tersebut juga ditulis dengan menggunakan kata – kata yang sederhana yang membuat siapa saja yang membacanya menjadi mudah mengerti tentang perintah yang tertulis di pemberitahuan tersebut.
2) Notice Caution (Pemberitahuan yang berisi Peringatan)
CAUTION!
WET FLOOR
Arti:
PEMBERITAHUAN!
LANTAI BASAH
Penjelasan:
Pemberitahuan (notice) di atas secara tidak langsung memberikan informasi kepada setiap pengunjung yang dapat ke suatu tempat, seperti rumah makan atau hotel, tentang sesuatu yang penting atau serius sehingga setiap orang harus menghindarinya. Setiap pengunjung yang melihat pemberitahuan (notice) tersebut harus menghindari area di dekat pemberitahuan (notice) tersebut karena lantai di area tersebut basah agar mereka tidak jatuh terpeleset.
3) Notice Prohibition (Pemberitahuan yang berisi Larangan)
DO NOT ENTER!
STAFF ONLY
Arti:
DILARANG MASUK!
KECUALI STAFF
Penjelasan:
Berdasarkan konteks dari pemberitahuan (notice) di atas, maka para pengunjung tahu bahwa hanya staff dari sebuah kantor atau sebuah perusahaan yang diperbolehkan untuk memasuki sebuah ruangan. Pemberitahuan (notice) seperti ini biasanya terdapat di pintu – pintu ruangan khusus yang hanya memang memperbolehkan para staff untuk memasukinya. Pemberitahuan (notice) tersebut bermakna bahwa setiap orang yang bukan merupakan staff dilarang untuk memasuki ruangan tersebut.

E. Contoh Soal
 
1. The following are the meaning of the notice, EXCEPT …
A. Do not swim in this area when it is dangerous
B. No one is allowed to swim here
C. It is forbidden to swim in this area
D. Swimming in this area is prohibited
Jawaban: A

2. The caution can be found in the following places, EXCEPT …
A. Ponds
B. Beaches
C. Bathrooms
D. Rivers
Jawaban: C

The notice is for questions number 3 and 4.
DO NOT TOUCH!
FRAGILE THINGS

3. The following are the meaning of the notice, EXCEPT …
A. To touch the fragile things is forbidden
B. Touching the fragile things is not allowed because they will be dirty
C. Touching the fragile things is not allowed because they will be broken
D. No one is allowed to touch fragile things carelessly
Jawaban: B

4. The prohibition may be found at the some areas in the following places, EXCEPT …
A. Electronic Shop
B. Museum
C. Mall
D. Boutique
Jawaban: D

Sumber/souce :
http://mobile.sederet.com/tutorial/contoh-functional-text-short-message/

https://googleweblight.com/i?u=https://www.belajarbahasainggrisku.id/2018/09/penjelasan-lengkap-tentang-notice-jenis-dan-contohnya-dalam-bahasa-inggris.html&hl=id-ID

Comments

Popular posts from this blog

Manusia Purba di Indonesia (Jenis & Ciri-ciri)

Present Continuous Tense

Recount